Sunday, 1 May 2016

Ketika hidup terasa sunyi dan sepi meski di tengah keramaian.



Bagaimanapun kenyataannya manusia tidak akan pernah lepas dari tanda tanya kehidupan yang selalu mengiringi perjalanan hidup. Waktu terkadang tidak mampu untuk menjawab semua pertanyaan yang ada pada cerita kehidupan manusia. Banyaknya persoalan hidup yang di hadapi satu persatu seakan-akan berlalu begitu saja hanya karena memikirkan yang tidak pasti. Begitu juga ketika telah mendapatkan sesuatu, terkadang juga masih ada yang kurang dalam hidup. Tidak tahu apa yang sebenarnya yang benar-benar ingin di tempuh. Semua itu akan membuat apa yang telah ada tidak bisa dirasakan dengan penuh rasa kesyukuran.

Semua itu akan membuat hidup terasa sepi dan sunyi, seakan-akan orang sekitar hanyalah robot yang tidak punya perasaan. Alam yang indah terasa tidak bersahabat. Melihat gerak geriknya aktivitas kehidupan sekitar membuat diri merasa di asingkan dan tidak pantas untuk berada di tempatnya. Baca juga agar hidup lebih berarti.

Saat seseorang telah mengalami keadaan seperti ini, maka dia mungkin akan merasakan kehidupan yang sunyi dan sepi walaupun dalam keramaian. Maka untuk mengatasi ini ada beberapa hal yang harus di renungkan.

1. Orang-orang sekitarmu yang engkau lihat bahagia bukanlah tidak mungkin di belakangmu punya berjuta kegagalan dan perihnya hidup.

Saat hidup terasa sendiri menanggung semua penderitaan, bahkan merasa tidak ada yang lebih menderita di bandingkan diri sendiri. Semua itu cendrung akan membuat seseorang melihat sebuah kebahagiaan yang ada pada orang lain adalah ketidakadilan tuhan Maka hidup terasa sepi. Perlu di ketahui bahwa semua orang yang bahagia itu adalah mereka yang tidak merasa hidup ini sendiri dan menerima hidupnya saat ini.

2. Tidak lagi percaya dengan orang sekitar.

Saat ketegangan hidup muncul oleh lingkungan serta adanya trauma dimasa lalu membuat seseorang mudah untuk berprasangka buruk kepada orang-orang di sekitarnya. Semua itu akan membuat seseorang merasa sepi dan hampa karena merasa tidak ada lagi orang yang dapat di percaya. Perlu di ketahui bahwa, manusia tidak akan luput dari kesalahan dan setiap manusia cendrung akan berjalan atas jalan hidupnya masing-masing. Percayalah dengan dirimu sendiri, dan janganlah terlalu berharap banyak pada lingkunganmu. Bahagialah atas apa yang engkau punya dan bertindaklah sewajarnya.

3. Keinginanmu untuk mencapai sebuah tujuan itu bukanlah segalanya.

Kita memang mempunyai harapan untuk mencapai segala apa yang di impikan. Tapi semua itu bukanlah segala-galanya. Jika engkau menyadari bahwa kebahagiaan itu adalah yang terpenting, maka engkau masih bisa mendapatkan kebahagiaan itu sekarang ini. Dengan mencintai kesederhanaan hidup atau menghargai setiap cerita hidup yang tercipta. Bukan menunggu sebuah pencapaian baru engkau merasa bahagia. Apalagi sebuah harapan yang tidak pasti, semua itu membuat kebahagiaan kecil dari orang-orang di sekitarmu tidak berarti bagimu berarti bagimu dan membuat hidupmu serasa sepi.

Itulah beberapa hal yang perlu di renungi saat hidup terasa sunyi dan sepi dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.