Thursday, 5 May 2016

Jika anda suka menilai orang lain.


Di dalam Kehidupan ini manusia tidak bisa berpaling dari yang namanya interaksi. Interaksi adalah suatu jalinan komunikasi yang tercipta dari dua orang atau lebih. Dalam suatu interaksi juga secara tidak langsung seseorang bisa memberikan pendapat atau penilaian kepada lawan bicaranya. Penilaian-penilaian yang terjadi akan menciptakan sebuah pemahaman dari sang penilai kepada yang di nilai. Baca juga ketika orang tua takut menegur anak yang bersalah.

Penilaian yang telah ada dari seseorang kepada orang lain, akan bisa menghasilkan sebuah kepercayaan atau sebaliknya atas sesuatu. Juga penilaian yang telah ada akan membuat seseorang memantaskan sesuatu kepada yang di nilai untuk hal yang ia percaya. Sebuah penilaian memang sesuatu yang tidak bisa di hindari oleh manusia kepada orang lain. Karena hanya sekedar melihat pun seseorang telah bisa menilai orang lain, walaupun terkadang salah. Penilaian kita kepada orang lain memang tidak akan bisa di hindari, tetapi sebuah penilaian itu sebaiknya tidak boleh di ambil kesimpulanya. Ada orang yang masa bodoh dengan orang lain, ada juga orang yang selalu suka menilai orang lain. Apa yang terjadi jika seseorang suka menilai orang lain ?

1. Lupa dengan keburukan diri sendiri.

Menilai seseorang atas sesuatu boleh-boleh saja, asalkan tidak terlalu memusingkan atau memikirkan prilaku orang lain. Apalagi mencari-cari dan memastikan apakah ia atau tidak atas apa yang menjadi penilaian kita. Maka dari itu dengan terlalu memikirkan dan menilai orang lain membuat kita akan fokus kepada orang urusan hidup orang lain dan akan lupa untuk fokus terhadap diri sendiri untuk memperbaiki diri. Sehingga keburukan diri sendiri terkadang tidak di perhatikan.

2. Mudah mengambil keputusan atas urusan orang lain.

Dengan sukanya seseorang menilai orang lain maka seseorang itu cendrung akan mudah mengambil keputusan atas sesuatu yang sudah dia yakini melalui sebuah penilaiannya. Maka jika seandainya ada orang yang meminta pendapat tentang seseorang dari orang yang suka menilai orang tadi, maka dia akan langsung memutuskan sesuatu tanpa mengetahui dulu suatu kebenarannya.

3. Mudah berburuk sangka kepada orang lain.

Berburuk sangka kepada orang lain tidak ada gunanya. Semua itu hanyalah merugikan diri kita sendiri. Karena sekalipun apa yang di sangkakan itu benar, bukan berarti semua itu ada untungnya untuk kita. Begitu juga dengan seseorang yang suka menilai, dia akan mudah berburuk sangka jika seseorang mempunyai masalah dengannya, padahal terkadang masalah itu hanyalah kecil dan tidak di sengaja.

4. Di jauhi orang lain.

Dengan sukanya seseorang menilai orang lain, maka orang-orang yang ingin berdekatan atau curhat dengannya akan ragu-ragu dan takut. Karena takut salah bicara atau salah tingkah, maka lambat laun orang akan menjauhi.

Intinya tidak ada gunanya menilai-nilai orang lain. Karena penilaian itu hanyalah prasangka dan belum tentu betul adanya. Yang di butuhkan dalam hidup hanyalah sebuah kepercayaan dan keputusan yang baik.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.