Tuesday, 29 December 2015

Sudah pusing mencari kebahagiaan, 5 hal ini bisa membuat hidupmu tenang dan bahagia.



saat kita mengalami kebimbangan Terkadang kita harus menepi dulu sejenak untuk memahami dan mengerti situasi kita. Perasaan itu terkadang akan mendatangkan keresahan atau tidak tenangnya hati sehingga kita jauh dari kebahagiaan. Kitakan juga tidak boleh egois, karna bagaimanapun kita harus bersabar dan tenang dalam setiap upaya yang kita lakukan. Baca juga jika anda tidak mengerti mengapa harus bertahan dalam keputus asa'an

Sebenarnya semua itu hanya persoalan hati. Jika kita meyakini bahwa hidup itu mudah, maka sebenarnya hati kitalah yang mempermudahkannya. Walaupun mungkin kita dalam kesusahan, maka janganlah hati kita juga ikut susah. Karna sekalipun sebenarnya kita tidak susah, kita akan selalu mengeluh dan tidak bersyukur kalau hati kita juga susah.

Kita ambil sebuah contoh, jika kita di ejek atau selalu di ejek oleh orang lain dengan tampang kita yang jelek mungkin kelihatannya memang bercanda atau karna kemiskinan hidup kita. Maka dengan cara penilaian mereka yang salah dalam memahami kehidupan seharusnya kita tidak merasa sedih karna hal itu. Justru kita akan lebih baik lagi jika kita sadarkan diri dan membuat kita lebih ikhlas, tenang serta damai dalam menjalani kehidupan ini. Cukuplah pemahaman itu yang membuat kita bahagia, yaitu kesadaran diri dan ke ikhlasan. Bukan sesuatu yang memperbudak kita yaitu menganggu perasaan yang mendatangkan ke egoisan.

Sederhana saja, jika orang lain melakukan tindakan yang membuat kita merasa tidak menerimanya mungkin itulah yang terbaik untuk kita. Apakah itu dia yang salah atau karna kesalahan kita sendiri. Yang terbaik untuk kita dalam hal ini yaitu kita lebih menyadari kekurangan kita bahwa mungkin kita pantas menerimanya.
contohnya, ada orang mengatakan kalau kita itu miskin, ya kita memang miskin kita terima saja. Tidak akan mungkin kalau kita kaya mereka katakan kalau kita miskin. Masih banyak contoh yang lainnya. Yang menjadi permasalahan adalah, banyak orang yang tidak menerima cacian dan makian itu. Sehingga mereka sibuk memikirkan orang lain dan lupa untuk merubah kehidupan ke arah yang lebih baik.
Oke baiklah, bagaimana tips mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Sebenarnya kebahagiaan itu sendiri berbeda-beda pada setiap orang yang memahaminya. Namun di sini saya akan mencoba membagikan apa yang juga telah membuat hati saya tenang dan bahagia. Mana tahu pembaca juga bisa sedikit terbantu nantinya. .

1.Bila berbuat janganlah selalu berhitung-hitung dan jangan memaksakan diri.

Saat melakukan sesuatu biasanya seseorang cendrung mempertimbangkan hal yang sebenarnya tidak perlu di permasalahkan. Bahkan terkadang banyak kita jumpai orang lain yang tidak begitu memperdulikan orang-orang yang sebenarnya membutuhkan bantuan kita. Dan pada suatu keadaan mungkin kita memang harus menolongnya. Tapi jika hati kita rasanya terpaksa, itu akan membuat hati kita tidak tenang dan jauh dari kebahagiaan. Maka jika kita berbuat maka janganlah selalu memperhitungkan imbalan apalagi untuk sekedar pertolongan kecil.

2. Jangan terlalu mengurus kepentingan orang lain atau terbebani pikiran karena memikirkan orang lain.

peduli dengan orang lain adalah prilaku yang baik, tapi terkadang pada suatu posisi tertentu kita tidak harus atau pusing dalam memikirkan hidup orang lain. Apalagi hanya memikirkan yang tidak penting. Ingatlah bahwa kita bukanlah manusia super yang bisa menghilangkan semua masalah kita. Apalagi itu adalah masalah orang lain. Perlu di ketahui, bahwa kehidupan kita dan orang lain punya cerita dan jalan masing2.

3. Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain.

Sangat konyol dan tidak pantas rasanya jika kita membandingkan hidup kita dengan orang lain. Ntah itu dengan teman kita atau yang lainnya. Contohnya begini, jika kita yang hanya sebagai pekerja pabrik dan teman kita mempunyai jabatan di sebuah perusahaan terkenal. Kita mungkin tahu kalau dia berpendidikan tinggi dan mempunyai gelar. Sedangkan kita hanya tamatan sma, maka alangkah lebih baik kita perbaiki kualitas pekerjaan kita sekarang. Kita pun menyadari masih ada orang mungkin yang di bawah kita, maka kita harus bersyukur.

4. Tinggalkanlah sesuatu yang membuat kita bersedih.

jika kita bersedih atas suatu yang tidak perlu di besar-besarkan. Seperti hanya galau memikirkan pacar atau masalah sepele yang lain. Maka yang menyebabkan sedih itu pacar anda sendiri, bukan masalah anda sama pacar anda.

5. Ingatlah hal sedarhana di masa lampau yang membuatmu bahagia.

Ingatlah ketika di masa kecil atau lagi polos-polosnya. Sebenarnya begitulah kita dalam memikirkan hidup ini.
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.