Monday, 9 November 2015

Jika anda tidak mengerti kenapa anda masih harus bertahan dalam keputus asa'an.



Ada yang mengatakan kalau seseorang punya batas kesabaran. Berarti ia mempunyai harapan dalam setiap tindakan yang ia inginkan. Artinya, dalam hal ini bisa saja harapannya hilang atau tidak bertahan lama.
Seseorang yang menjalani sesuatu yang ia inginkan, cendrung membuatnya untuk semangat dalam menggapainya. Karna apa yang ia ingikan itu sangat berarti baginya. Kita sering melihat bahwa ada orang yang sukses dan ada juga yang tidak sukses. Semua itu di dasari pada berhasil atau tidaknya seseorang dalam menjalani apa yang ia inginkan. Kesimpulan dari sukses atau tidaknya itu berdasarkan pada apa yang telah ditargetkan.

Merupakan sesuatu yang sulit bagi seseorang yang tidak jelas langkahnya untuk mencapai sukses. Sulitnya yaitu, mereka sering di hantui oleh rasa putu asa yang menyebabkan semua impian sirna dalam sekejab mata.
Putu asa yaitu, adanya kesenjangan dari apa yang di inginkan atas apa yang sedang terjadi atau di alami. Yang akan menjadi masalah besar jika tidak mendapatkan jalan keluar.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mudah berputus asa. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang mudah berputus asa.

1. Sudah lelah untuk mencoba.

Seseorang yang melakukan suatu tindakan berkali-kali pada suatu hal, merupakan tekad yang kuat bagi seseorang untuk menghasilkan sesuatu. Tapi terkadang seseorang melakukan suatu tindakan tidak di sertai dengan kesabaran. Sehingga cendrung bertindak dengan keegoisan, yang menyebabkan sesuatu yang fatal terjadi. Kesalahan-kesalahan dalam tindakan akan membuat seseorang lelah untuk mencoba dan akhirnya akan berujung pada keputus asa'an.

2. Tidak mendapatkan jalan keluar.

Seseorang tidak akan ragu dalam mengambil keputusan jika ia sudah mengetahui jalan keluar yang baik dalam suatu masalah yang ia hadapi. Tapi sebuah jalan keluar mungkin tidaklah mudah bagi seseorang untuk mendapatkannya. Sehingga hati seseorang bisa saja lelah yang akhirnya berujung dengan keputus asa'an.

Perlu kita ketahui bahwa, banyaknya masalah yang di timbulkan oleh keputus asa'an. Yaitu seseorang akan berpeluang menyia-nyiakan kesempatan besar, karna ia telah memulai sesuatu yang akan memberikan kebaikan bagi dirinya. Tapi ia berhenti sampai disitu. Juga akan menimbulkan masalah lain, contohnya yaitu ia harus mencapai langkah pertama yang akan membuka jalan ke langkah yang kedua, Tapi langkah pertama telah diabaikan. Lebih parah lagi yaitu, bisa saja akan menimbulkan depresi yang berkepanjangan. Semakin lama seseorang mengalami keputus asa'an, maka semakin kuatlah tingkat depresi seseorang yang akan cendrung membuat pelaku hilang arah tujuan dan memicu kearah yang tidak baik bagi dirinya dan orang lain, seperti merusak dan sebagainya bahkan bisa menimbulkang keinginan untuk bunuh diri. Menutup diri dari lingkungan sosial, yaitu tidak adanya semangat diri untuk berkomunikasi dengan orang lain, tidak ada semangat melanjutkan kehidupan dan lain sebagainya.

Jadi bagaimana supaya keputus asa'an bisa dari kehidupan kita setiap harinya ?. Apa yang anda banggakan dari diri anda ?. Apa yang anda banggakan atau harapkan dari lingkungan anda ?.
Tidak akan ada artinya apa yang anda banggakan pada diri anda kalau lingkungan anda tidak meyakini dan tidak menyertai atas apa yang anda lakukan. Kalau memang itu yang terjadi, maka anda telah kehilangan sebuah jalan keluar yang sangat besar. Karna antara lingkungan dan diri kita akan memberikan manfaat satu sama lain. Jadi jika punya harapan pada lingkungan anda, seharusnya anda juga memberikan harapan pada lingkungan anda. Yaitu dengan memulai sesuat dari hal yang kecil yaitu sesuai dengan kemampuan anda. Tapi jika lingkungan tetap saja tidak berubah, yakinlah bahwa itu tidak akan berlaku lagi untuk hari esok atau masa depan anda kalau komitmen anda dalam perubahan untuk kebaikan, atau perubahan ada.

Anda tidak harus meyakini orang lain atau memaksanya atas keinginan anda. Kalau anda masih percaya kalau dunia ini luas, berarti anda masih bisa mendapatkan keyakinan dari lingkungan lain serta berpeluang menyertai apa yang anda lakukan.
Berhentilah untuk membanggakan atau mengharapkan lingkungan anda sekarang. Melangkahlah sebisa anda dalam situasi anda sekarang. Matangkan setiap hal yang anda lakukan untuk kebaikan anda, dan jika suatu saat nanti anda sudah yakin dengan kemampuan anda, jangan anda sungkan untuk memberitahukan lingkungan lain akan kemampuan anda. Terakhir yaitu, bagaimanapun masalah anda, and a masih bisa mendapatkan ketenangan dengan memahami situasi anda untuk bersabar atau ikhlas atas apa yang telah hilang pada diri anda untuk menerima hidup.

semoga bermanfaat untuk kita, dan jika anda berkenan bagikanlah tulisan ini pada orang-orang Yang mungkin membutuhkan.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.