Monday, 24 August 2015

Tanda orang benci pada kita dan alasannya.



Benci berarti tidak suka, atau bisa diartikan sebagai tidak sesuainya sesuatu keadaan yang ada didalam hati seseorang akibat dari orang lain. Atau sesuatu yang mendatangkan kebencian didalam hati. Kebencian yang telah ada didalam diri seseorang tidak akan bisa hilang begitu saja tanpa adanya hal positif dari diri orang yang membenci tadi. Hal positif itu berupa kesabaran atau ketabahan dari dalam hati.

Seseorang yang telah membenci orang lain atas sesuatu yang berdasarkan atas ego dan prasangka saja, itu akan bisa mendatangkan kerugian terhadap orang itu sendiri. Yaitu dia akan berpeluang menyia-nyiakan waktunya untuk memikirkan orang yang dia benci. Dan kebencian itu akan mengganggu perasaannya.

Dan seseorang yang telah dibenci oleh orang lain atas sesuatu, tanpa ia sadari ia telah menghambat suatu kebaikan yang bisa saja diberikan oleh orang yang telah ia benci tadi. Contoh, seseorang yang sedang menunggu angkutan umum dipinggir jalan. Seseorang itu anggap saja ingin pergi kesekolah. Dan dia sudah terlambat beberapa menit. Saat itu juga ada temannya yang sedang mengendarai sepeda motor yang melintas didepannya untuk pergi kesekolah. Tapi dia tidak peduli dan tidak menghiraukan temannya yang sedang menunggu angkutan umun tadi Dikarnakan dia telah membencinya.

Itu adalah salah satu contoh dampak negatif kepada orang yang dibenci. Mungkin kita bertanya-tanya, didalam hidup ini kenapa ada orang lain yang membenci diri kita. Seperti yang biasa kita pikirkan adalah, kita tidak berbuat jahat kepada orang lain. Kita melakukan apa yang kita sukai dan tidak mengganggu orang lain. Tapi kenapa ada saja orang yang membenci kita.

Dari pertanyaan diatas, ada suatu yang tersembunyi yang membuat kita bingung dan akhirnya membiarkan semuanya terjadi. Memang kebencian tidak akan pernah hilang dari muka bumi. Tapi ada beberapa hal yang harus kita ketahui agar kita bisa tahu, kenapa orang lain membenci kita.

1. Kita jahat kepada orang lain.

Yang namanya perbuatan jahat pastilah tidak baik Karna akan merugikan orang lain. Jika seseorang berbuat jahat kepada orang lain, janganlah heran kalau orang yang ia jahati akan membencinya. Karna mendatangkan kerugian kepada orang yang telah dia jahati. Jadi berfikirlah dulu kalau kita ingin berbuat jahat kepada orang lain. Mungkin kita berbuat jahat kepada orang lain atas alasan tertentu. Bisa saja mungkin kita juga pernah dijahatinya. Tapi ingatlah, kita harus berfikir dulu sebelum bertindak. Apakah patut dibalas atau tidak. Dan jika kita patut membalas, balaslah dengan seimbang. Dengan alasan pembelajaran untuknya.

2. Kita membuat orang lain tertekan atau khawatir.

Terkadang tanpa kita sadari didalam hidup kita, kita telah melakukan hal-hal yang membuat orang lain terganggu oleh tingkah laku kita. Apa lagi yang akan merugikan diri orang lain. Contohnya, adik kita sedang menonton televisi yang menyangkut tentang pendidikan yang ada kaitannya dengan pelajaran sekolah. Tapi tiba-tiba kita datang dan mengganti channelnya menjadi acara lain. Dan tanpa kita sadari, kita telah membuatnya khawatir dan tertekan karna mungkin siaran pendidikan yang ia tonton, akan selesai bebera hari lagi. Maka tanpa kita sadari dia telah membenci kita.

3. Kita membuat orang lain tersinggung.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan poin 2, yaitu terkadang tanpa kita sadari disaat kita berbicara kepada orang lain. Tanpa tidak sengaja kita telah membuat orang tersinggung. Bisa saja mungkin bicara kita terlalu kasar atau dikatakan kurang sopan. atau hal yang disengaja yaitu menghina, meremehkan, dan lainnya. Sehingga membuat orang lain tersinggung dan membenci kita.

4. Kita tidak menempatkan diri kita dengan semestinya.

Didalam kehidupan, kita tidak akan bisa hidup tanpa orang lain yang akan saling memberikan manfaat kepada sesama. Seperti contoh, perusahaan membutuhkan karyawan. Karna perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya karyawan. Coba seandainya seorang karyawan tidak menempatkan dirinya dengan yang semestinya. Seperti sering tidak masuk kerja. Seperti halnya yang telah disepakati bahwa karyawan tidak boleh sering bolos. Alhasil karyawan tadi dibenci dan dipecat oleh atasan. Maka tempatkanlah diri kita yang semestinya dimanapun itu.

5. Orang lain iri kepada anda.

Hal ini tidak bisa dihindari, karna bagaimanapun kita tidak akan bisa mengetahui pasti hati seseorang terhadap kita. Mungkin bisa saja orang iri dengan apa yang kita punya. Maka janganlah kita terlalu menojolkan diri atau sesuatu hal yang mendatangkan iri orang lain. Dan lakukanlah hal yang wajar, pantas dan semestinya.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.