Monday, 10 August 2015

6 hal yang harus diketahui untuk keseimbangan hidup

Dalam hidup seseorang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Karna orang yang berfikir dalam hidup ini, membuatnya merasakan yang namanya hidup. Seseorang yang dapat perfikir didalam kehidupan, maka terciptalah suatu kegiatan yang meliputi hal-hal tertentu yang saling berkaitan. Kaitan itu akan menghasilkan sesuatu yang diinginkan oleh setiap yang menjalani. Maka ada 6 hal utama yang harus diketahui dalam hidup, yang akan memberikan keseimbangan dalam kehidupan.

1. Mental

Mental diperlukan oleh seseorang didalam dirinya untuk menjalani hidup. Karna tanpa adanya mental, seseorang tidak akan bisa menerima setiap kendala yang terjadi didalam menjalani kehidupannya. Dan pasti akan selalu merasa tertekan. Seperti yang dijelaskan hadist berikut, nabi muhammad saw bersabda, siapa yang dikehendaki allah swt mendapatkan kebaikan akan diberikan kepadanya pemahaman agama. (HR: imam bukhari)
Hadist ini menunjukkan bahwa diantara perkara utama yang harus dilakukan seseorang untuk mendapatkan mental yang baik adalah dengan mendalami ilmu agama.

2. Agama

Siapa yang memiliki agama didalam hidupnya, maka dia akan tahu bagaimana iman yang dirasakan didalam dirinya. Orang-orang yang benar-benar beriman didalam kehidupannya, maka ia lebih mencintai allah swt dan rasulnya. Maka tujuannya dalam menjalani kehidupan hanyalah mengharapkan keridhoan allah swt semata. Dia akan menggunakan pengetahuannya karna allah swt. Mengasihi seseorang tulus karna rasa peduli dan iba. Semua semata dilakukannya untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Seperti yang dijelaskan hadist berikut, nabi muhammad saw bersabda, ada tiga hal bagi siapa yang memilikinya dia telah memiliki manisnya iman. Yaitu mencintai allah dan rasul, mengasihi seseorang karna allah swt dan benci untuk kembali kepada kekufuran. Sebagaimana dia benci untuk dilemparkan masuk api neraka.(HR: imam bukhari dan muslim)

3. Kesehatan

Banyak sekali kita lihat orang-orang yang memperhatikan kesehatan dan kecantikan atau perawatan diri didalam hidup. Tak terkecuali model-model alat kesehatan bahkan kecantikan yang telah menyebarluas dilingkungan kita. Dengan berbagai macam bentuk yang serba praktis dan canggih, dapat diraih dengan mudah. Tapi nyatanya masih banyak problema-problema masalah penyakit yang susah diatasi oleh manusia dizaman sekarang ini. Yang merajalela seiring dengan perkembangan zaman Yaitu penyakit hati. Seperti yang dijelaskan hadist berikut, nabi muhammad saw bersabda, sesungguhnya didalam diri anak adam terdapat segumpal daging. Jika daging ini baik, maka baiklah seluruh jasadnya. Namun jika daging itu rusak, maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah daging itu adalah hati.(HR: imam bukhari dan muslim)
Hadist ini menunjukkan bahwa jika seseorang tidak tenang dan selalu dihinggapi tekanan. Maka yang akan menerima dampaknya adalah dirinya sendiri, yang akan menjadi penyakit didalam dirinya.

4. Kekeluargaan

Dalam hal kekeluargaan, sangat diperlukan untuk berlangsung terciptanya sesuatu kehidupan yang baik dan memiliki masa depan. Seperti mencari pasangan yang soleh dan soleha didalam kehidupan sangat dianjurkan untuk mendapatkan kehidupan yang baik dalam mencari kebahagiaan dunia dan akhirat. Banyak masalah timbul setelah menikah, penyebabnya adalah kekurangan pemahaman masalah agama. Seperti dijelaskan dalam hadist berikut, nabi muhammad saw bersabda, pilihlah wanita dari kalangan yang baik agamanya maka kamu akan selamat. (HR: Imam bukhari dan muslim) maka bagaimana nanti kita mendidik anak-anak kita dengan baik kalau kita kurang dalam pemahaman agama. Yang akan tercermin didalam kehidupan kita.

5. Keuangan

Keuangan sangat berperan penting dalam hidup. Karna tanpa uang seseorang yang hidup dizaman sekarang tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya dan akan menjadi masalah besar untuknya. Dalam hal keuangan juga dapat menimbulkan permasalahan hidup. Seperti banyaknya godaan dimana-mana yang menimbulkan hasrat memiliki sesuatu yang tidak begitu penting. Seperti sesuatu yang diinginkan bukan berarti sesungguhnya kita butuhkan. Seperti menjadi sangat royal atau bisa menjadikan seseorang sombong dan membedakan dirinya dengan yang lain. Pada dasarnya islam membenci orang yang malas dan memuji diri mereka yang rajin berusaha mendapatkan rezeki yang halal maupun haram tapi islam menyukai orang yang mencari rezki dengan tangannya sendiri dengan syukur dan tidak membandingkan dan membanggakan diri atas rezki yang didapat. Seperti yang dijelaskan hadist berikut, nabi muhammad saw bersabda, tidaklah ada makanan yang lebih baik dari makanan yang dari hasil tangannya sendiri. (HR: iman bukhari dan muslim)

6. Pekerjaan
Dalam pekerjaan seseorang harus mampu dan amanah untuk menjalani pekerjaan yang dijalaninya. Sesungguhnya orang yg baik yang bekerja yg gagah dan amanah(al-qashash)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.