Saturday, 20 June 2015

Cara menghargai barang kepunyaan dan menggunakannya dengan baik


kita tidak akan pernah bisa lepas dari barang-barang kebutuhan yang mempengaruhi kelancaran setiap harinya kita menjalani hidup.

yang jadi pertanyaan sekarang, seberapakah kita menghargai barang-barang yang kita punya ?
dalam hal ini ada 3 macam contoh perlakuan kita terhadap barang yang kita punya.

1. ketika kita mempunyai barang baru yang kita inginkan dan kita sayangi.

2.ketika kita mempunyai barang yang telah lama kita miliki tapi masih bagus.

3. ketika kita mempunyai barang yang sudah lama kita punya tapi rusak.

saya akan menjelaskan yang pertama dulu yaitu :

1.ketika kita mempunyai barang baru yang kita inginkan dan kita sayangi.

jika kita mengetahui suatu hal yang baru pasti kita penasaran. Seperti halnya kita mempunyai sebuah perangkat mobile (hanphone) dan semacamnya yang kita beli karna mungkin kita menyukainya. bisa saja dari segi desainnya yang unik dan tampil beda beserta Fiture-fiture di dalamnya yang selalu memanjakan kita. Dan seiring dengan kemajuan teknologi, tidak henti-hentinya penemuan baru yang ada Membuat kita selalu penasaran dan ingin mencoba.

ada sebuah pertanyaan yang mungkin bisa kita jadikan pedoman untuk kedepannya Dalam hal yang baik untuk mengambil keputusan sebelum membeli sesuatu.

sebelum membeli sesuatu, apa tujuan utama kita sehingga kita menginginkannya?

dalam hal ini banyak sekali alasan-alasan seseorang yang kita ketahui maupun yang tidak kita ketahui tujuan utama seseorang itu membeli sesuatu yang dia sukai.
ada mungkin yang menginginkan sesuatu dan membelinya hanya sekedar rasa penasaran ketika orang lain mempunyainya. Ada juga yang membelinya karna tujuan tertentu.
yang terpenting walawpun mungkin hanya karna rasa penasaran ataupun karna tujuan tertentu, Terutama yang harus kita ketahui adalah danpak negatif atau positif dari barang tersebut. Dalam kata lain kita harus bijak dan pandai dalam memanfaatkannya. Contohnya seperti teknologi-teknologi saat ini. Seperti kita masuk ke media sosial melalui laptop, tablet, ponsel, dan sebagainya yang kita punya. Yaitu mungkin dampak negatifnya membuat kita lalai dari hal penting yang lain bahkan kita bisa mendatangkan permusuhan kepada orang lain akibat tindakan kita yang tidak layak di media sosial.

2. ketika kita mempunyai barang yang telah lama kita punya tapi masih bagus.
seseorang yang dikatakan suka membeli hal-hal baru, biasanya mempunyai banyak koleksi atau macam-macam barang yang dia punya.
bisa juga seseorang yang suka membeli barang-barang baru, suka juga menjual barang lama.
yang jadi pertanyaan adalah bagaimana perawatan yang baik ketika mengoleksi barang-barang yang kita punya ?. Dan bagaimana layaknya menjual barang yang kita punya ?
dalam mengoleksi barang, apakah sejenis atau yang beragam itu tidak masalah. Selagi barang-barang tersebut terjaga dan di urusi dengan baik.
contohnya dalam kebersihan dan juga dalam hal tata letaknya. Dalam hal penataan sisi yang enak di pandang sungguh perlu sekali.
jika kita mempunyai banyak beragam barang koleksi, kita bisa mengelompokkan barang yang sejenis.

3. ketika kita mempunyai barang yang sudah lama kita punya tapi sudah rusak.

apakah yang kita pikirkan ketika kita melihat barang yang kita punya sudah rusak ? Mungkin ada yang mengbaikannya dan tidak mau mengurusnya lagi. Dan ada juga yang tidak suka melihat sebuah barang yang sudah rusak, masih tertarok manis di dekat sebuah ruangan. Alasannya mungkin karna tidak enak di lihat karna tidak bisa di pakai lagi. Ada juga karna tidak mau repot lagi mengurus barang yang tidak berguna.
yang terpenting dalam hal ini adalah ketika kita menemukan sebuah barang milik kita yang sudah rusak.
1. Kalau kita punya biaya, kita bisa memperbaikinya kalau kita masih menginginkanya.
2. Kalau kita punya biaya, kita bisa memperbaikinya untuk kita jual lagi nanti. Walaupun murah jadi berkah dari pada sia-sia. Tapi kalau biaya untuk perbaikannya tidak sesuai dengan harga jualnya Kita bisa simpan dengan syarat harus merawatnya. Tapi kalau kita tidak mau merawatnya maka jual saja.

kesimpulan

barang apapun yang kita beli otomatis menjadi kepunyaan. Yang mana semuanya harus kita manfaatkan dengan baik dan menjaga serta menempatkannya dengan baik dan layak. Agar kita bisa menjadi orang-orang yang berprinsip dalam kehidupan dan tidak menjadi orang yang merugi.

2 comments:

  1. hargai yang kita miliki.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin menanggapi atau bertanya silahkan berkomentar.